Konsumsi Makanan Berserat Tinggi Cara Cepat Menurunkan Berat Badan


Bagi penderita obesitas, makanan berserat merupakan salah satu yang memenuhi daftar makanan program untuk diet yang dijalaninya. Diet dan makanan berserat memang dua hal yang sangat berkaitan dan menjadi tugas utama bagi seseorang yang mengalami berat badan berlebihan. Kegemukan atau obesitas merupakan hal menakutkan bagi setiap orang, khususnya yang sangat mengutamakan penampilan. Berbagai cara menurunkan berat badan akan ditempuh asalkan dapat memperoleh bentuk tubuh ideal yang semua orang dambakan.

makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi sangat penting bagi tubuh, namun kebutuhan serat setiap orang berbeda-beda tergantung jenis kelamin dan usianya.  Bagi wanita yang berusia 50 tahun kebawah memerlukan serat sebanyak 38 gram dalam seharinya , sedangkan yang berusia 50 tahun ke atas memerlukan serat yang lebih sedikit jumlahnya yaitu 30 gram per hari. Berbeda lagi dengan pria, untuk yang kurang dari 50 tahun, jumlah konsumsi serat yang dianjurkan per harinya yaitu 25 gram, sedangkan berusia 50 tahun ke atas yaitu 21 gram dalam seharinya.

Baca juga : Jenis makanan penurun berat badan

 

Mengapa kebutuhan serat bagi pria dan wanita berbeda?

Wanita rata-rata memiliki lemak yang lebih banyak dibanding pria, kalkulasi perbandingan normalnya antara berat badan dan lemak tubuh yaitu pada wanita sekitar 25-30% sedangkan pria 18-23%. Wanita atau pun pria yang memiliki lemak tubuh melebihi kadar normalnya yaitu lebih dari 30% bagi wanita dan lebih 23% bagi pria dianggap mengalami kegemukan. Selain itu jika memiliki berat badan melebihi 20% dari rata-rata kisaran perbandingan tersebut, juga dianggap mengalami kegemukan atau obesitas.

Sebagaimana manfaat lemak bagi tubuh yaitu untuk menyimpan energi, namun adanya penimbunan lemak dalam tubuh yang berlebihan sehingga menyebabkan obesitas. Makanan serat yang diperlukan bagi tubuh merupakan hal utama sebagai cara menguruskan badan secara sehat. Apa sebenarnya manfaat serat bagi tubuh, khususnya bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih?

 

Manfaat makanan berserat bagi tubuh

Makanan Berserat

1. Bermanfaat bagi sistem pencernaan

Serat berfungsi untuk membantu proses cerna pada makanan yang sulit dicerna pada alat pencernaan. Serat makanan dapat mengikat air, sehingga menyebabkan sisa makanan tersebut menjadi lebih lunak, lebih besar, dan lebih berat. Jika sisa makanan tadi lebih lunak maka mempermudah melewati usus, sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan. Serat menjaga kesehatan sehingga menghindari penyakit pencernaan lainnya seperti sembelit.

2. Membuat bentuk tubuh lebih ideal

Mengkonsumsi makanan berserat sebagai cara menurunkan berat badan secara sehat, telah diakui oleh pakar kesehatan dan banyak orang lainnya. Kebiasaan seseorang sehabis makan yaitu mengkonsumsi camilan, sehingga membuat berat badan sangat mudah naik. Namun dengan konsumsi makanan serat akan menyebabkan rasa kenyang, sehingga tidak akan mencari makanan tambahan lagi. Dengan demikian berat tubuh tidak mudah naik malah dapat memperoleh bentuk tubuh yang ideal.

3. Mengurangi konsumsi kalori

Sebagaimana kita tahu bahwa salah satu penyebab kegemukan adalah karena jumlah kalori yang berlebihan atau tidak normal seperti seharusnya. Makanan yang mengandung serat tinggi umumnya memiliki jumlah kalori yang rendah dan mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga mengkonsumsi makanan berserat dapat membawa manfaat lebih sekaligus.

4. Menghindari kolestrol

Serat yang digunakan sebagai cara menurunkan berat badan juga bermanfaat untuk mencegah kolestrol tinggi. Pada tubuh yang gemuk kemungkinan memiliki LDL atau lemak jahat yang tinggi, namun dengan serat akan membantu mencegah produksi LDL yang berlebihan. Selain itu secara langsung juga dapat menghindari penyakit diabetes karena LDL dalam kolestrol akan berkurang dan menyebabkan HDL atau lemak baik lebih banyak sehingga risiko diabetes akan semakin kecil.

Serat sebagai program diet yang sehat dan diyakini sebagai cara menurunkan berat badan yang efektif sudah tak lazim lagi. Makanan yang mengandung serat yang banyak bisa kita jumpai pada berbagai sayur dan buah-buahan.

Pada umumnya serat di bagi menjadi dua yaitu serat larut air dan serat tidak larut air yang semuanya bermanfaat bagi tubuh. Serat larut air biasanya dapat ditemukan pada buah-buahan seperti, jeruk, apel, pisang namun ada juga sayuran seperti brokoli dan polong-polongan. Serat larut air bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sedangkan serat yang tidak larut air, bisa di dapatkan banyak sumber makanan seperti jamur, kubis, bayak, tomat, wortel, kentang, terong, lobak, sawi, buncis, strawberi, apel, persik dan susu kedelai. Manfaat serat tidak larut air yaitu untuk memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.

Cara menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi serat memiliki banyak manfaat sekaligus yang dapat dirasakan tubuh. Kedua serat tersebut dengan kadar yang berbeda dapat kita temukan dengan mudah pada beberapa makanan. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari untuk memenuhi kecukupan serat yang diperlukan tubuh. Makanan berserat sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya untuk membantu program diet secara sehat.



Admin

- Distributor Resmi Obat Pelangsing Wsc Biolo | Biolo Wsc | Wsc Biolo Dan Admin Di Stokis SC 307 PT. Woo Tekh. Distributor Wsc Biolo Makassar, Sungguminasa, GOWA, Indonesia. JADILAH LEADER PROFESIONAL DENGAN TIDAK MENGCOPY PASTE ARTIKEL DARI obatpelangsingbiolo.com, Biar Berkah. Dan kalau ingin mengcopy paste Artikel dari obatpelangsingbiolo.com ini mohon cantumkan LINK sumber Artikelnya. Terima Kasih




Related Konsumsi Makanan Berserat Tinggi Cara Cepat Menurunkan Berat Badan